Repository
STIMA IMMI


Penelitian Dosen

Penelitian atau Publikasi Karya Ilmiah Dosen



Analisis Pengaruh Promosi Terhadap Tingkat Penjualan Produk Beserta Peramalan Penjualannya (Studi Kasus Pada PT. Askotama Inti Nusantara)

  • Kategori : Penelitian Tidak Dipublikasikan
  • Penulis : Drs. Sendianto, Mm
  • Identitas : Tesis
  • Abstrak :

    Promosi mempunyai peranan penting dalam manajemen pemasaran guna meningkatkan hasil penjualan karena tanpa adanya promosi sangatlah sulit untuk dapat meyakinkan pembeli. Penjualan adalah penyajian secara lisan oleh perusahaan kepada satu atau beberapa calon pembeli dengan tujuan agar barang atau jasa yang ditawarkan dapat terjual. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah Analisis Pengaruh Peomoasi terhadap Tingkat Penjualan Produk Beserta Peramalan Penjualannya Pada PT. Askotama Inti Nusantara. Teknik pengambilan sampel yang dipakai dalam penelitian ini penulis menggunakan teknik Random Sampling (Secara Acak pada Seluruh Konsumen) Dimana setiap anggota populasi mempunyai peluang yang sama untuk dipilih sebagai sampel secara keseluruhan, namun yang dijadikan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh populasi yang ada di jadikan sampel. Setelah dilakukan analisa regresi bahwa ternyata variabel Promosi dapat meningkatkan Tingkat Penjualan Produk Beserta Peramalan Penjualannya diperoleh persamaan regresinya : Y = 8,814 + 0,717 X., ada pengaruh positif terhadap Tingkat Penjualan Produk Beseerta Peramalan Penjualannya diperlukan pembuktian dengan dilakukannya uji hipotesis variabel Promosi terhadap Tingkat Penjualan Produk Beseerta Peramalan Penjualannya diperoleh nilai thitung sebesar = 7,411> nilai ttabel pada (75) sebesar = 1,665, maka Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti mempunyai bukti, bahwa antara variabel Promosi terhadap variabel Tingkat Penjualan Produk Beserta Peramalan Penjualannya terdapat pengaruh yang signifikan. Berdasarkan hasil analisa dan uji hipotesisnya dinyatakan bahwa terdapat pengaruh positif antara variabel Promosi terhadap variabel Tingkat Penjualan Produk Beserta Peramalan Penjualannya diperoleh nilai sebesar 0,891 sehingga dapat disimpulkan bahwa pengaruhnya sangat kuat atau nilai Koefisien determinasinya (KD) sebesar : 79,4% sisanya sebesar 20,6% dipengaruhi faktor lain yang tidak diaamati penulis.

Preview